Sunday 12 October 2014

Tak bisa tidur? Lakukan 4 hal ini!


Semua orang pasti pernah mengalami insomnia. Ada banyak saran juga yang telah diberikan untuk mengatasinya. Mulai dari mencium bau aromaterapi, minum susu, dan lainnya. Namun bagaimana jika semua saran tersebut tidak berhasil dan Anda tak bisa tidur semalaman?

Jangan khawatir, dua ahli tentang tidur dan insomnia dari Women's Health Mag (06/09) memberikan beberapa saran ketika Anda mengalami insomnia dan tak bisa tidur, berikut ini.

1. Beranjak dari kasus
Iya, Anda tentu merasa aneh dengan saran ini. Bukankah Anda ingin tidur, tapi kenapa malah disuruh beranjak dari kasur? Namun saran ini sebenarnya adalah saran yang cerdas. Jika setelah bolak-balik di kasur Anda tetap tak bisa tidur, beranjaklah dari tempat tidur dan pergi ke ruangan lain. Coba lakukan aktivitas lain yang menenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik yang pelan, dan lainnya dalam ruangan dengan cahaya remang-remang, seperti disarankan oleh Shelby Harris, Psy.D., Director of Behavioral Sleep Medicine di New York City.


"Anda tak bisa memaksa diri untuk tidur, dan tetap berada di tempat tidur tanpa ada tanda-tanda untuk tidur hanya akan membuat Anda lebih sering mengalami insomnia," jelas Harris. Cobalah untuk membaca buku atau majalah hingga Anda merasa benar-benar mengantuk, kemudian kembalilah ke kasur.

2. Jangan terlalu banyak berpikir
Insomnia akan menjadi semakin parah jika Anda terlalu banyak berpikir atau malah khawatir tak bisa tidur. Jangan memikirkan apa yang akan terjadi esok hari jika Anda tak bisa tidur. Pikirkanlah hal-hal yang menenangkan dan menyenangkan. Atau pikirkan beberapa hal secara berulang-ulang. Ini lebih membantu Anda untuk cepat tidur dibandingkan memikirkan masalah atau merasa khawatir.

3. Jangan melihat jam
Melihat waktu bisa menjadi hal yang membuat Anda semakin cemas. Melihat jam bergerak dan mengawasi setiap detik yang berdetak hanya akan membuat Anda lebih stres dan suit tidur. Solusinya? Jangan melihat jam, jika perlu balik jam weker Anda agar Anda tak bisa melihat detik-detiknya bergerak. Ini akan membuat Anda lebih tenang dan tidak panik, serta membantu Anda lebih cepat tidur.

4. Tuliskan pikiran
Tak bisa tidur bisa jadi disebabkan oleh hal-hal yang belum Anda keluarkan dari pikiran. Misalkan rencana-rencana untuk besok, persiapan yang harus dilakukan, atau ide yang baru muncul. Jika ini penyebab insomnia yang dialami, catatkan pikiran Anda segera. Menulis apa yang dipikirkan akan membuat Anda melepaskan kecemasan dan hal-hal yang berkaitan dengan pikiran tersebut. Anda bisa merasa lebih tenang dan tidur dengan lebih nyenyak.


Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika sedang mengalami insomnia dan tak bisa tidur. Jika Anda sering tak bisa tidur, karena alasan apapun, coba lakukan hal-hal di atas.

0 komentar:

Post a Comment