Sunday 12 October 2014

Dapatkan 7 manfaat ini dengan makan peterseli


Peterseli adalah sejenis tanaman herba yang memiliki aroma dan rasa unik. Biasanya peterseli digunakan sebagai tambahan pada masakan. Meski terlihat seperti hiasan atau tambahan saja, namun sebenarnya peterseli mengandung banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam peterseli, seperti dilansir oleh Health Me Up (10/10).

1. Kaya nutrisi
Peterseli adalah sumber vitamin A, B12, C, dan K. Nutrisi ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang, dan memperbaiki sistem saraf. Selan itu, nutrisi tersebut bisa mencegah penyakit seperti asma dan atheosclerosis.


2. Kesehatan jantung
Makan peterseli bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, asam folat yang ada di dalamnya jua membantu melindungi pembuluh darah dan menghindarkan Anda dari penyakit kardiovaskular.

3. Anti-karsinogen
Asam folat yang terdapat dalam peterseli adalah salah satu zat yang bisa membantu mencegah kanker. Penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi tanaman herba ini akan mengurangi risiko kanker serviks dan usus besar.

4. Kesehatan sendi
Peterseli mengandung zat anti peradangan, sehingga mengonsumsinya secara teratur akan mencegah sakit pada persendian.

5. Pencernaan
Menambahkan peterseli pada teh sangat baik untuk pencernaan dan bisa membantu mencegah masalah gastrointestinal seperti kolik dan gas. Peterseli juga dipenuhi oleh klorofil yang membantu menghilangkan bakteri buruk pada sistem tubuh Anda.

6. Kesehatan kulit dan rambut
Peterseli bisa langsung dioleskan pada kulit untuk menyembuhkan goresan, gigitan serangga, kulit kering, dan lainnya. Selain itu, menggunakan minyak peterseli pada rambut akan merangsang pertumbuhan rambut.
7. Fungsi ginjal
Peterseli akan membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan kelebihan air dan membantu ginjal agar berfungsi dengan lebih baik. Meski begitu, peterseli sebaiknya dihindari oleh orang yang sudah bermasalah dengan batu ginjal karena peterseli mengandung oxalates yang buruk untuk kesehatan mereka. Peterseli juga digunakan untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih.


Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi peterseli. Jangan lagi anggap remeh tanaman herba satu ini!

0 komentar:

Post a Comment