Thursday 16 October 2014

CERPEN MOTIVASI : UNTUK BU DIAN


Hidup itu memang Luar Biasa. Segala peristiwa yang bahkan tak pernah aku bayangkan terjadi. Aku pernah membaca salah satu buku motivasi yang berjudul “The Secret” dalam buku itu dituliskan, bila kita ingin meraih Impian kita, maka kita harus memikirkannya dan menjadikannya fokus hidup kita. Pikiran positif akan menarik hal yang positif, begitulah prinsip yang selalu aku pegang teguh. Dan semua terasa seperti keajaiban dan menjadi nyata. Apa yang hanya ada dalam benakku, kini menjadi kenyataan yang tersaji tepat di depan pandangan ku. Contoh nyatanya, seperti yang terjadi padaku di hari ini.

Hari ini, aku akan mengikuti Lomba Pidato bahasa jawa. Memang aku tidak terlalu fasih dalam bahasa jawa, modal ku hanyalah tampil percaya diri dan semangat. Pagi hari ku awali dengan semangat. Lokasi lomba dengan rumahku tak begitu jauh, jadi aku memutuskan untuk berjalan kaki saja. Entah kenapa, kali ini langkahku serasa sangat ringan, seperti gak ada beban, padahal aku mau lomba, Lomba dimulai jam 8 pagi, begitu sampai tempat, eh kok malah sepi. “Guruku mana ya?” tanya ku kebingungan. Aku malah jalan-jalan sendiri kayak orang hilang. Ya, sudah aku masuk saja sendiri, sampai di dalam aku masih kebingungan. Eh… Akhirnya ketemu juga, aku ketemu Bu Dian guru pendampingku. Bu Dian bilang ke aku, kalau Lomba Pidato langsung daftar ulang ke lantai 2. Tapi Bu Dian gak bisa nemenin aku, soalnya Bu Dian panitia lomba. Hahhh, kalau aku sih maklum aja, Bu Dian kan orang sibuk. Ya, sudah lomba sendiri aja.


Aku langsung berlari, menaiki tangga menuju lantai 2. Aku daftar ulang, mengambil nomor undian. Ehhh, dapet nomor 6. Ya sudah, lebih cepat maju, lebih baik. Kalau di lingkungan baru, diem aja kan ndak enak. Mending aku ngajak kenalan sama peserta yang lain. Disana aku dapat 3 teman baru. Ada Mbak Tabita dari SMA N 6 Surakarta, Mbak Laras dari SMA Smart Informatika, Mbak Eka dari SMK N 3 Surakarta.

Sebelum maju lomba pidato, seluruh peserta diminta untuk menulis pidato terlebih dahulu. Aku pun mengikuti aturan, menulis pidatoku terlebih dahulu. Waktu yang diberikan pihak panitia hanya 45 menit. “Waduh, cepet banget” ujarku dalam hati. Aku pun menulis dengan serius dan berusaha bisa secepat kilat. “Uhhh, tulisanku jelek banget” Ujarku sambil berguman. Yang penting nanti praktek waktu maju, itu saja yang aku pegang. Aku pengen banget waktu maju nanti, ada Bu Dian yang mendampingiku. Tapi, yang kuharapkan tak kunjung datang juga. Saat peserta ke 5 maju ke depan, aku telah mempersiapkan diriku untuk maju. Menenangkan diri supaya gak grogi. Keajaiban pun terjadi, Bu Dian datang dan memberi aku semangat. Bu Dian memberi aku motivasi, bahkan aku merasakan rasa sayang Bu Dian ke aku. Kini aku sudah lega dan siap untuk maju ke depan.

Aku maju dengan PeDe, semangat, dan tak lupa ciri khas aktif ku yang unik. Aku maju ke depan, dan merasa sangat menikmati waktu pidato ku. Yang jelas aku puas dengan apa yang telah aku lakukan. Bu Dian juga terlihat lega dengan penampilan ku. Aku berharap semoga hasil yang terbaik, bisa ku persembahkan untuk Bu Dian. Total ada 26 peserta. Cukup banyak rivalku. Mulai dari SMA N 1, SMA N 4, SMA N 5, SMA N 6, SMK N 3, SMA Al Islam, pokoknya banyak deh. Yang jelas SMA N 2 gak akan kalah. Tekad ku ingin membawa harum SMADA tercinta.

Setelah semua peserta maju, akhirnya dewan juri berunding dahulu untuk menentukan pemenang. Nunggunya lama banget. Hampir sejam penuh aku menunggu. Ahhh… Mungkin jurinya galau, bingung siapa yang pantas jadi juara. Sekarang ini, yang ada di benakku hanyalah, aku sudah melakukan yang terbaik, dan apapun hasilnya itulah yang terbaik bagiku, dan yang penting bukan kemenangan tetapi pengalaman berharga yang telah kudapat. Tapi, kalau gak menang, itu berarti aku mengecewakan Bu Dian? Aku gak pengen ngecewain Bu Dian. Hahhh… Kok malah yang bingung aku. Malah jadi gak fokus. Tapi aku punya target, di lomba kali ini, aku ingin menjadi juara 3. Memang aku belum berani menargetkan juara 1, tapi bagiku juara 3 sudah cukup untuk membuat Bu Dian tersenyum.

Saat yang kutunggu akhirnya tiba. Pengumuman pemenang. Deg… Deg… Deg… Hah aku malah deg-degan, santai aja kaleee. Tapi terlanjur galau jadi gak bisa santai. Betapa kagetnya diriku, ketika aku dipanggil menjadi juara 3. Hahhh? Yang bener, aku aja gak percaya. Apa yang aku pikirkan tersaji di depan mata. Yeeaaahhh, apapun itu tapi aku bisa meraih target. Selamat Tika, ucapku pada diri sendiri.

Aku langsung berlari ke luar dari ruangan. Aku cari Bu Dian, tapi kok gak ketemu, kemana Bu Dian? Kebetulan aku lewat ruang panitia, kulihat Bu Dian ada di ruang panitia. Aku memberi kode kepada Bu Dian, bahwa aku meraih juara 3. Bu Dian tersenyum kepadaku, lega rasanya bisa melihat Bu Dian tersenyum. Seyuman Bu Dian terasa sangat manis di hati, rasanya jadi damai, tenang, tentram, pokoknya adem deh. Bu Dian makasih, Bu Dian sudah membimbing aku selama ini, aku tau mungkin juara 3 tak terlalu membuat Bu Dian bahagia, tapi setidaknya hanya ini yang bisa kulakukan untuk membalas kebaikan Bu Dian. Aku Sayang Bu Dian.

Cerpen Karangan: Pratika Rizki Dewi

Facebook: Pratika Rizki Dewi

0 komentar:

Post a Comment