Monday 20 January 2014

CERPEN LUCU : TRAGEDI JASTER SIALAN..



TRAGEDI JASTER SIALAN..
Cerpen Karya Anisa Prasetia Novia

Iring-iringan lagu Korea memenuhi seluruh ruangan kamarku yang berantakan. Beberapa kali ku tekan tanda tunda di layar handphoneku, entah kenapa hari ini mataku enggan untuk terbuka. Rasanya kayak di lem pakai super glue! Tapi akhirnya kupaksakan bangun, karena kalo ga bangun, bisa-bisa aku kesiangan berangkat kuliah.

Ooohh.. dan benar saja! sekarang pukul 04.30, mampus! Aku bisa bener-bener telaaaaaattt.. buru-buru aku masuk kamar mandi. Setelah shalat, aku mengenakan hijabku dan berlari pontang-
panting keluar kamar berpamit kepada ibu dan ayahku tercinta. Huuft tepat pukul 05.30 WIB.
Gini nih menderitanya kalo berangkat dari rumah! Tiap hari senin aku harus buru-buru berangkat kalo ga pasti aku kesiangan. Dan sialnya hari ini aku benar-benar kesiangan!


Setelah perjalanan yang melelahkan selama 1 jam naik angkot, dan 2 jam naik Damri akhirnya sampai di gerbang Kampus. Aku berlari pontang panting, karena jam di lenganku menunjukan pukul 09.00 WIB. Mampus! Udah telat 20 menit, naik lift ga mungkin kalo fasilitas cuman dua lift dengan penumpang yang bejibun alias ngantri banget!

Aku terpaksa naik tangga sambil lari-lari ke lantai 5.. busyeeett.. rasanya udah kayak ga nafas! Dan sesampainya di kelas.... Aaaaaarrrrrgggghhh... damn! Dosennya ga dateng!!
“ Sabaaarr Ren.. mending ga ada Dosen kan ketimbang di usir Dosen gara-gara telat?” Ujar Sita salah satu teman dekatku di kelas
“ Sabar sih sabar, tapi bayangin dong Ta, aku tuh udah kesiangan, desek-desekan di angkot, di damri, ampe lari-lari, jatoh di tangga pula, eeehh.. pas nyampe kelas Dosennya ga dateng! Nyesek banget kan??” Keluhku penuh kekesalan
“ Saabaar.. saaabaaaarr.. anggap aja ujian dari Allah..” Hibur Fuji
Iyaa juga sih, aku pun beristigfar beberapa kali.
***

Waktu bergulir dengan begitu cepat, tepat pukul 17.10 WIB, aku keluar dari kelas. Benar-benar hari yang melelahkan! Badanku terasa remuk..
“ Ren, jadi mau ambil buku di kostan aku?” Tanya Julie
“ Jadi dong, kan besok ada kuis. Kalo ga ngapalin nanti ga bisa jawab.” Jawabku
Aku dan Julie berjalan bersama menuju kostannya yang berada di daerah Cipaku. Setelah bukunya kuambil segera aku bergegas pulang, karena sudah hampir magrib. Dering nada pesan di handphoneku berbunyi, segera kubuka pesan itu ternyata dari Yulia teman satu kamarku.
Ren kpn pulang?
Begitulah isi pesan dari Yulia, segera ku balas pesan itu.
Skrg Yul, knapa? Ini otw.
Kring-kring balasan dari Yulia datang.
Lewat gerlong ga say? Klo lewat gerlong mau titip friedchicken. Hehe

Langsung aku balas..
Aduuuhh engga Yul, aku lwat lpangan brdebu. Udh hmpir maghrib, ini jg aku bru nympe gymnas.
Setelah membalas pesan dari Yulia, aku langsung berjalan dengan cepat. Nasiiib.. naasiiib... dapet kostan murah tapi jaraknya dueeelaaahh jauuh bangeett.. dari ujung ke ujung.. 

Gara-gara jalan super cepet bikin nafas jadi ngos-ngosan!
“ Assalamualaikum.” Ucapku ketika membuka pintu kamar kostan
“ Waalaikum salam.” Sahut orang-orang yang ada di dalam. Kulihat Alisha sudah ada bersama pacarnya Kak Davi sedang asyik mainin laptop, entah lagi liat apa. Yulia sedang asyik mainin handphone.
“ Ren, ibu warung bawah masih jualan pulsa ga ya?” Tanya Yulia padaku.
“ Engga tau atuh. Coba aja ke bawah Yul.”

Terdengar suara adzan maghrib berkumandang, tak jelang beberapa lama terdengar suara iqomat. Kak Davi langsung ke kamar mandi untuk berwudhu di susul oleh Alisha, Yulia dan terakhir aku Rena. Kita melaksanakan shalat secara bergantian, karena ukuran kostan yang kecil kira-kira 4x4 meter. Aku kebagian shalat terakhir, saat memakai mukena sempat kulihat Yulia mencari-cari sesuatu. Entah mencari apa, mungkin mencari uang. Dalam shalatku, samar-samar ku dengar nada gelisah dalam ucapan Yulia.
“ Aduuh dimana ya? Kok ga ada sih?”
“ Nyari apa Yul?” kudengar suara Alisha bertanya. Yaa Allah ampuni aku yang masih belum bisa khusuk sepenuhnya dalam shalat.. 
“ Uang aku ga ada Sha.”
“ Berapa emang? Lupa nyimpen kali, coba cari lagi..” Usul Alisha
“ Cepe.. beneran ga ada Sha. Udah aku cari dari tadi..” terdengar nada was-was dari ucapan Yulia.
“ Assalamualaikum warohmatullohiwabarokatuh..” Selesai salam dalam shalatku, aku segera ingin bertanya pada Yulia. “ Kenapa Yul?” Tanyaku
“ Uang aku ilang.. cepe!” Keluh Yulia seraya membuka-buka laci
“ Cepe? Cepe seratus perak maksudnya?” Candaku, niatnya sih buat cairin suasana biar ga tegang.
“ Seratus ribu laah Ren, masa seratus peraakk? Aku serius nih, ga becandaa..” Tegas Yulia.
“ Emang kamu taro dimana Yul?” Tanya Kak Davi yang dari tadi diem akhirnya ikut berkoar juga.
“ Aku taro di laci pink ini Kak, tapi sekarang dicari ga ada.”
“ Cari lagi deh Yul, keselip-selip kali..” Usul Kak Davi.
“ Iyaa Yul, coba nyarinya tenang. Kali aja keselip.” Tambah Alisha
Aku langsung membuka tas ranselku, mengambil netbook untuk belajar dan menghapal. Kan besok ada kuis! Itu niat awalnya siiih.. Tapi sebenernya aku malah pengen banget liat-liat talkshow boyband sama girlband Korea, hehehe 

Kulihat Yulia masih sibuk nyari-nyari uangnya yang ilang, bingung juga sih jadinya. Takut jadi tersangka nih, soalnya kita kan sekamar bertiga.
“ Yul beneran ga ada? Emang kapan kamu taro uangnya disana?” Celetuk Alisha
“ Waktu sebelum libur semesteran, sengaja aku simpen buat cadangan. Kalo dibawa nanti uangnya abis.”
“ Dah lama dong? Udah kamu pake kali, mungkin aja kamu lupa.” Tebak Alisha, aku hanya bisa memperhatikan.
“ Engga Sha. Aku inget banget, uang itu aku taro disini. Tapi udah aku cari ubek-ubekan tetep aja ga adaa..” Ucap Yulia setengah ngotot
“ Aduuuh jadi ga enak ginii, yaudah deh takut malah jadi tersangka gitu. Di geledah aja lemari kita gimana Yul? Ren kamu setujukan?” Usul Alisha
“ Oh iya.. iyaa.. Yul silahkan aja geledah. Ga enak, soalnya kan kita sekamar bertiga. Kalo ada yang nyuri juga ga mungkin, kita kan udah punya kunci masing-masing. Jadi kuncinya kan ga pernah di taro di lap lagi.” Jawabku mengiyakan.
“ Beneran nih ga apa-apa? Ga enak ah sama kalian..”
“ Ga apa-apa kok. Disini kan jadi kita tersangka utamanya.. hehe.. silahkan ajaa Yul..” Tambahku disertai senyuman tanda mempersilahkan.
“ Yaudah atuh maaf ya aku geledah.” Akhirnya Yulia mau menggeledah lemari kami . Lemari pertama yang di geledah, lemari Alisha. Aku berharap sih, Yulia lupa naro uangnya karena ga mungkin juga Alisha nyuri uang Yulia. Apalagi aku, aku ga ngerasa ngambil uang Yulia! Naudzubillahimindzaliq deh nyuri uang orang. Setelah ubek-ubekan nyari di lemari Alisha, ternyata hasilnya nihil. Uangnya sama sekali ga ada! aku semakin yakin Yulia lupa naro uangnya.
“ Ren, ga apa-apa nih aku buka-buka lemari kamu?” Tanya Yulia padaku
“ Iya ga apa-apa, silahkan aja.” Aku yakin banget uang itu ga ada, makanya aku cuek aja maenin netbook.
“ Ren ini apa?” Tanya Yulia. Hal itu sontak membuat aku kaget setengah mati! Kulihat Yulia menemukan uang pecahan seratus ribu di dalam saku jasterku.
“ Ga tau Yul, sumpah demi Alloh aku ga nyuri uang kamu..” Jawabku panik, aku bener-bener ga ngerti kenapa uang itu bisa ada di dalam saku jasterku. Padahal aku sama sekali ga nyuri uang itu.
“ Terus kalo bukan kamu yang ambil, siapa? Masa uangnya bisa jalan sendiri masuk ke jaster kamu?” Desak Yulia padaku
“ Sumpah Yul aku ga ambil, jaster kita ketuker kali.” Elakku. Aku udah bingung harus ngomong apalagi, karena aku emang ga ngerasa nyuri uang Yulia.
“ Ga mungkin ketuker laaah.. ukuran jaster kita kan beda, kamu S aku L. Nih liat aja sendiri.” Yulia menyodorkan jaster miliknya dan milikku. Tapi sumpah! Aku ga ngerasa ngambil uang Yulia..
“ Bentar Yul, seinget aku waktu itu ada dua jaster ngegantung di paku. Kayaknya kamu salah masukin uangnya.” Aku terus berusaha membela diri, karena aku emang ga salah!
“ Dua dari mana? Aku ga pernah gantung jaster aku Ren! Dari pertama kita kost bareng, aku belom pernah ngeluarin jaster aku dari lemari.” Yulia semakin ngotot
“ Aku juga ga pernah ngeluarin jaster Ren!” Alisha ikutan nimbrung, mungkin takut jadi tersangka juga. Secara ukuran jaster aku sama Alisha sama dan sekarang yang jadi tersangka utama itu aku! Yaa Allah.. gimana ini? Aku bener-bener ga saalaaaahh... 
“ Ren, kalo kamu emang butuh uang bilang dong! Ga usah nyuri gini.. ga nyangka!” Ucap Yulia mulai ketus.
“ Sumpah Demi ALLAH Yul, aku ga nyuriiii uang kamu...” Elakku
“ Terus kalo bukan kamu yang nyuri siapa lagi? Hah????” Kali ini Yulia benar-benar marah padaku. Sumpaah kata-kata Yulia nyakitin banget! Aku pun tak kuat menahan tangisku, tangisku pecah. Permen loli yang sedang ku emut, tiba-tiba saja kulepaskan dan tergeletak di kasur. Aku ga perduli kalo nanti kasurnya jadi dikerubutin sama semut! Yang penting sekarang, ngeyakinin yulia kalo aku ga salah!
“ Sumpah demi Alloh Yul aku ga nyuri uang kamu.. hiks..hiks.. aku tuh ga pernah diajarin nyuri sama orangtua aku..” aku berusaha meyakinkan Yulia, tapi Yulia tetep ga percaya!
“ Alaaah ngaku aja deh, ga usah ngelak terus! Udah jelas uang itu ada di jaster kamu..” Desak Yulia, Yulia semakin jutek dan ketus padaku. Matanya menatapku dengan sorot tidak suka.
“ Sumpah Yul aku ga nyuri uang kamu.. hiks.. hiks.. dari dulu kan kalo aku lagi ga ada uang, aku suka pinjem kan sama kalian. Hiks.. hiks.. aku ga pernah nyuri. Lagian kalo aku butuh uang.. aku tinggal ambil di ATM! Uang di ATM juga masih banyaakkk... hiks... hiks.. hiks....” Aku bingung harus ngomong apalagi, setelah ini mungkin Yulia sama Alisha ga bakal percaya lagi sama aku. Rasanya pengen pulang ajaa, hiks.. hiks... masih ada waktu enem bulan waktu abis kostan, mungkin selama enem bulan itu aku ga bakalan tinggal di kostan lagi. Aku ga sanggup kalo harus sekamar sama orang yang udah ga percaya lagi sama aku. Alisha sama Yulia pasti jauhin aku. Mereka pasti musuhin aku..    yaa Allah gimana ini? Aku harus gimaanaaaaa???

Tangisku semakin ga karuan, aku udah ga perduli seperti apa wajahku sekarang. Yang aku perduliin gimana caranya supaya Yulia mau percaya sama aku, kalo aku bukan orang yang nyuri uang dia. Aku ga tau harus ngomong apalagi????? Hiks.. hiks.. hiks......
“ Aduuhh.. pengen pipis lagi. Maaf ya aku keluar dulu.” Samar-samar ku dengar Alisha pamit ke kamar mandi. Aku ga perduli! Yang aku perduliin gimana caranya yakinin Yulia!!
“ KALO UANG KAMU MASIH BANYAK DI ATM, TERUS KENAPA UANGNYA BISA ADA DI JASTER KAMU HAAAH???” Teriak Yulia padaku, hal itu sontak membuat tangisku semakin menjadi-jadi. Aku udah ga bisa ngomong apa-apa lagi. Yulia bersikeras menuduhku!
“ HAPPY BIRTHDAY TO YOU... happy birthday to you... happy birthday.. happy birthday.. happy birthday to you...” Teriak Alisha seraya membawa brownies disertai lilin kecil warna-warni. Iring-iringan lagu selamat ulang tahun itu beradu tak karuan dan tak jelas nadanya, Yulia dan Kak Davi pun ikut menyanyi. Bukannya seneng, justru hal itu semakin membuat tangisku makin kenceng..
“ Aaaaaaaaaaaahhhhh.. jaahaaaatttt!! Hiks.. hiks.. ih kalian jahaaaattt... jailnya keterlaluan..” aku langsung membenamkan kepalaku ke kasur pertanda malu, tapi lebih mirip sujud sih.. badanku yang kecil makin mungil ajaa! Kudengar Alisha, Yulia, dan Kak Davi ketawa ngakak banget ngeliat aku yang nangisnya makin kenceng, masih dengan posisi seperti itu.
“ Ayo tiup dulu lilinnya Ren..” Ucap Alisha. Uh boro-boro pengen niup! yang ada aku malah pengen terus-terusan nangis. Aaaaarrrgghhh jahat! Jahat! Jahaaat!
“ Ihh bangun ren, udah jangan nangis. Masa udah gede nangis sih? anak kecil aja engga.. hahahaa.. ” kudengar Yulia membujukku sambil menahan tawa, aah aku ga perduli! Aku tetap dalam posisi sujud dengan tangisan yang menjadi-jadi.
“ Ayo dong say tiup dulu lilinnya, make a wish dulu say.. ahhahahahaaa...” Alisha berbicara sambil ketawa ngakak banget liat aku yang masih nangis. Aduh ini air mata keluar mulu sih.. susah banget nahannya!
“ Kalian mah gitu jailannya.. hiks-hiks..he..he..he..” Aku pun malah menangis sambil tertawa, entah jadi kayak gimana bentuknya? Ah ga perduli!
“ Huuaahahahahaaa... Berhasil bikin nangis. Hahahahaa..” Alisha ngakak banget, sementara aku makin kenceng nangisnya!
“ Huuaa..hiks.. hiks.. jahaaaat... huuuuu..huuuu.. hiks..”
“ Ayo tiup dulu.. tuuh kan mati apinya..” Tunjuk Yulia
“ Yah yah yah mati! Tuh kan mati.. ayo tiup dulu say..” Bujuk Alisha
Aku masih saja menangis, sumpah nyesek banget dikerjain kayak gini!
“ Ayoo.. tiup-tiup..” Kak Davi ikut nimbrung dan nyebelinnya ikut ngakak juga!

Sambil nangis-nangis aku paksain mau tiup lilinnya. Tapi ga sanggup! Dan itu bikin mereka tambah ngakak liat ekspresi aku yang lebih-lebih dari bocah! Padahal hari ini hari ulang tahun aku yang ke 20 tahun.
“ Jail banget kalian mah.. huuuuaaaaaa... hiks.. hiks..”
“ Ilmu akting SMK Negeri 10nya dipake dooong.. hahahahaaaa..” Alisha terus aja ketawa-ketiwi. Puas banget kayaknya ngetawain aku. Awas ya!
“ Hiks.. Iiihhh... Yuli lagii jahat banget.. mukanya nyebelin banget tadii.. hiks.. hiks..”
“ Hahahahaa.. peace! Ayo dong tiup.. satuu.. duaaa.. tiigaaa..” akhirnya api di lilin itu berhasil aku tiup.
“ Yeeeee....” Mereka tepuk tangan sambil teriak-teriak. Dasar gila!
“ Happy birthday Renaaa..” Ucap Yulia seraya cipika-cipiki padaku.
“ Happy birthday yaa saayy.. kejutan yang takkan terlupakan ini mah.. jhahahahaa..” Sambung Alisha masih dengan ketawa ngakaknya.
“ Uh dasaaar rese kalian!” Ucapku setengah kesal meski masih dengan tangisan.
“ Ini nih yang niat jahatnya mah!” Seru Alisha seraya menunjuk Yulia.
“ Alaaahh.. sama-sama jahat deh kalian!” Ucapku. Huuft.. ternyata semua cuman keusilan dua anak nakal Alisha dan Yulia ditambah Kak Davi pacar Alisha yang ikutan nyebelin! Aaaaarrrggghhhh... Dasaaaar jaster sialan!!
Alhamdulillah mereka ingat ulang tahunku, meskipun candaannya cukup kelewatan! Huuuuft... pantes aja, dari pertama mau berangkat kuliah aku sial.. ternyaaataaaaaa! Pertanda buruk.. Aaaaaarrrgghhh...!! Dasaaaar jaiiil.............

SEKIAN

Bandung, 13 September 2013

PROFIL PENULIS
Nama : ANISA PRASETIA NOVIA
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 28 November 1993
Agama : Islam
Pendidikan : Mahasiswa S1 Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2011 FPBS       
UPI
Alamat Facebook/twitter : yamazhakymiyu2007@yahoo.co.id
Alamat Blog : simungilberkreasi.blogspot.com

1 komentar: