Tuesday 9 December 2014

Tips Mengatasi Demam Panggung



Bagi Anda yang tidak terbiasa berhadapan atau berbicara dengan banyak orang, mungkin Anda akan mengalami demam panggung. Anda akan gemetar atau bahkan mengeluarkan keringat dingin jika diminta untuk tampil di depan umum. Hal tersebut akan membuat penampilan Anda menjadi kacau. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk menghilangkan demam panggung.
Yang perlu Anda lakukan hanyalah tenang dan yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja. Berikut ini adalah tips mengatasi demam panggung:
      1.    Membuat Konsep
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan konsep. Dengan membuat konsep, Anda akan memiliki bayangan tentang apa saja yang harus Anda lakukan atau katakan. Selain itu, membuat konsep juga akan membantu Anda untuk lebih siap dalam menghadapi audiens nantinya. Tidak hanya itu, mempersiapkan konsep juga akan membantu Anda untuk menguasai panggung sehingga Anda akan begitu siap dan percaya diri ketika Anda sudah harus tampil.

2.    Latihan
Setelah mempersiapkan konsep, ada baiknya jika Anda melakukan latihan. Anda bisa mencoba melakukannya di depan cermin atau menjadikan boneka sebagai audiens Anda. Meskipun hal ini berbeda dengan ketika Anda kenyataannya, tapi minimal Anda sudah bisa menguasai materi dan gerakan-gerakan apa saja yang akan Anda lakukan ketika tampil. Selain itu, berlatih juga akan membantu Anda untuk mengurangi rasa takut dan ragu.
3.    Mengurangi Ketegangan
Ketika akan tampil di depa umu, pasti Anda akan merasa tegang. Namun hal ini adalah hal yang lumrah. Meski demikian, Anda harus mencoba untuk mengatasi masalah ini dengan cara memikirkan hal-hal yang positif. Anda juga bisa melakukan relaksasi dengan menarik nafas yang panjang dan mengeluarkannya. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah permen karet saat akan tampil.
4.    Tetap Tenang dan Santai
Ketika telah tampil di depan banyak orang, mungkin Anda masih akan merasakan ketegangan. Namun ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengatasi hal ini. Anda harus mencoba untuk tetap tenang dan santai. Anda bisa melakukan olah napas untuk bisa merasa santai. Tidak hanya itu, Anda juga harus membayangkan hasil yang Anda dapatkan ketika acara yang Anda bawakan berhasil.

0 komentar:

Post a Comment