Tuesday 9 December 2014

Anda Ingin Konsumen Puas? Ini Caranya



Konsumen bagi para pengusaha merupakan sumber penghasilan mereka, hal ini pula yang memunculkan anggapan bahwa konsumen adalah raja sehingga setiap pelaku bisnis harus memberi pelayanan maksimal agar konsumennya terasa puas. Kepuasan pelanggan memang penting, bahkan memuaskan konsumen merupakan salah satu trik pemasaran yang sangat baik untuk kemajuan bisnis Anda. Tapi sayangnya untuk memberikan kepuasan kepada mereka kadang merupakan sebuah hal yang tidak mudah. Banyaknya tipe dan karakter konsumen pun kadang membuat para pebisnis kesulitan untuk membuat para pelanggannya merasa puas dengan pelayanan mereka. Nah, untuk membantu Anda berikut ini beberapa cara yang sangat efektif untuk memuaskan pelanggan Anda.

1.    Berikan Produk yang Berkualitas
Pada dasarnya tingkat kepuasan pada manusia itu berbeda-beda, seperti halnya pada para pelanggan. Kadang saat Anda telah membuat sistem pelayanan maksimal tetap saja masih Anda pembeli yang mengeluh dan merasa tidak puas. Salah satu hal yang menjadi keluhan adalah kualitas produk, kadang banyak yang mengeluhkan kondisi barang yang tidak sama dan tidak sesuai dengan wujud asli atau manfaat yang ditawarkan. Nah, maka dari itu poin pertama yang sangat wajib Anda penuhi agar pelanggan maupun calon konsumen merasa puas tentu ada pada kualitas produk Anda. Jangn terlalu memikirkan keuntungan, berikan produk berkualitas seperti yang Anda tawarkan saat negosiasi dan yang terpenting tingkat kerusakan produk Anda. Sangat disarankan khususnya bagi Anda pebisnis online agar sebelum mengirim pastikan Anda mengecek kualitas produk Anda.
2.    Maksimalkan Pelayanan
Pelayanan pada konsumen tetap menjadi prioritas utama untuk memberi kepuasan, jadi sangat disarankan agar Anda tetap bersikap ramah saat melayani keluhan atau kritikan dari pelanggan Anda. Tingkatkan pelayanan menjadi lebih responsif, penjelasan yang mudah di mengerti serta ketepatan pengiriman menjadi garansi penting yang harus Anda lakukan dan satu lagi yaitu keamanan produk.
3.    Perhatikan Harga Pasar
Dalam persaingan tentu Anda akan menghadapi persaingan harga yang tidak sedikit, hal ini pula sektor penting yang wajib Anda penuhi. Sebaiknya perhatikan pergerakan harga di pasaran jika Anda memang tetap ingin memasang harga tinggi pastikan Anda memberi penjelasan yang mudah di mengerti, hal ini tidak hanya akan memberi kepuasan pada pembeli tapi juga menyadarkan mereka akan keunggulan produk Anda.

0 komentar:

Post a Comment