Tuesday 9 December 2014

Ingin Bisnis Anda Terus Bertahan? Ini Caranya



Bagi para pengusaha tentu Anda sudah sadar betul akan persaingan di dunia yang sedang Anda geluti, Anda dan para pebisnis lainnya tentu saat ini sedang terlibat persaingan ketat satu sama lain. Menjadi pelaku bisnis, tentu hal pertama yang menjadi titik perhatian Anda adalah bagaimana caranya agar bisnis Anda bisa meraih kesuksesan. Tapi sayangnya tidak semua pebisnis yang mampu mempertahankan eksistensi bisnisnya, bahkan tak sedikit dari mereka yang tidak berhasil meraih kesuksesan. Faktanya, kesuksesan bisnis tidak menjadi faktor yang menjanjikan bisnis Anda bertahan di puncak kejayaan, persaingan yang ketat tingginya permintaan pasar kadang bisa membanting bisnis Anda jatuh kebawah. Ibarat kata pepatah “meraih kesuksesan bukan hal mudah tapi mempertahankan kesuksesan jauh lebih sulit”. Tidak sedikit pengusaha yang akhirnya hanya bisa meratapi nasib kala bisnis yang ia bangun terperosok dalam lubang kebangkrutan termasuk pula mereka yang berhasil meraih kesuksesan.


Mempertahankan bisnis memang bukan perkara mudah, jika Anda ingin mempertahankan eksistensi usaha Anda ditengah badai persaingan yang semakin menggila maka Anda butuh cara yang tepat. Nah, berikut ini beberapa cara yang bermanfaat untuk Anda lakukan.

1.    Perhatikan Konsumen
Untuk mempertahankan usaha yang Anda geluti maka hal pertama yang Anda butuhkan tentu ada pada konsumen Anda. Jangan pernah menyerah untuk memberi kepuasan terbaik pada pelanggan Anda, raih kepercayaan mereka dan bangun loyalitas yang tinggi. Pasalnya, bagaimanapun konsumen adalah sumber pemasukan Anda jadi sebaiknya jangan ragu untuk memberi solusi dari kesulitan mereka. Memang tidak mudah karena kadang ada banyak permintaan tapi jika hal ini berhasil Anda raih maka Anda akan membuat mereka bertahan pada Anda.

2.    Belajar untuk Berkembang
Persaingan tentu akan memunculkan langkah-langkah baru. Nah, jika Anda ingin mempertahankan eksistensi usaha Anda maka jangan pernah berhenti untuk terus mengembangkan bisnis Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, mengamati langkah pesaing Anda, belajar dari mereka yang sudah berhasil dan mengamati pergerakan pasar. Intinya untuk mempertahankan usaha ditengah persaingan Anda harus fokus untuk terus mengembangkannya.

Satu lagi, sebagai pengusaha Anda juga membutuhkan mental yang kuat, ingat ini persaingan bung!

0 komentar:

Post a Comment