Tuesday 18 November 2014

Ternyata Bergosip Memiliki Dampak Positif


Membicarakan orang lain atau bergosip adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan, terutama untuk kaum wanita. Meskipun sering menyebabkan rasa bersalah, tapi hal ini telah menjadi semacam kecanduan dan kesenangan. Tidak hanya itu, ternyata bergosip memiliki dampak positif untuk kehidupan Anda.
Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa bercerita tentang kebaikan dan keburukan seseorang akan membuat kita menjadi lebih percaya diri. Hal ini karena kita membandingkan orang tersebut dengan diri kita sendiri.
Ketika kita mendengarkan gosip, baik itu dalam hal baik ataupun hal buruk, maka alam bawah sadar kita akan melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap diri sendiri. Tapi ada baiknya jika Anda menyikapi kabar tersebut dengan kritis. Anda harus menganalisa kebenaran dari kabar tersebut baru kemudian mengeluarkan spekulasi.
Salah satu peneliti yang berasal dari University of Groningen, Elena Martinescu mengatakan bahw “wanita yang mendengar gosip negatif akan lebih berjaga-jaga terhadap citra dirinya dan memiliki kecenderungan tinggi untuk melindungi dirinya sendiri karena mungkin saja kabar tidak mengenakkan itu
bisa terjadi padanya sewaktu-waktu, atau lebih buruknya lagi justru mereka yang jadi korban gosip.”
Ketika mendengar sebuah gosip atau rumor, maka yang biasa Anda lakukan adalah menghentikannya. Tapi daripada melakukan hal tersebut, sebaiknya Anda menerimanya sebagai salah satu bagian dari kehidupan. Tapi pastikan kalau Anda menerima gosip tersebut dengan kritis. Karena bisa saja gosip tersebut akan berpengaruh bagi diri Anda ataupun orang lain.
Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin ini juga mengatakan bahwa para responden yang mendengar gosip baik mengaku bahwa mereka telah mengalami peningkatan dalam kualitas diri karena mereka berusaha untuk memperbaiki dirinya. Tapi ketika mereka mendengarkan gosip buruk, maka mereka akan berusaha untuk lebih berhati-hati dalam bersikap dan bertindak. Dengan kata lain, gosip positif akan memberi Anda inspirasi untuk peningkatan diri sedangkan gosip negatif akan membuat Anda merasa memiliki kehidupan yang lebih baik.
Tidak hanya itu, gosip juga bisa membantu seseorang lebih mudah untuk bersosialisasi. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Jennifer Bosson PhD beserta rekan-rekannya mengatakan bahwa sebagian besar orang bisa lebih mudah berinteraksi ketika membicarakan gosip yang sedang berkembang. Mereka bisa bersosialisasi dengan mudah, bahkan kepada orang yang belum dikenal.


0 komentar:

Post a Comment