Friday 14 November 2014

[Jangan Lakukan]; Cara Salah dalam Tes Wawancara



Dalam satu perusahaan ribuan orang yang melamar kerja, tetapi kenapa jumlah yang diterima hanya sedkit, bisa puluhan atau bahkan hanya hitungan jari. Jika Anda adalah salah satu dari pelamar kerja tentu bisa merasakan kompetitifnya. Kalau Anda sebelumnya punya pengalaman melamar kerja dan gagal, sekarang belajarlah dari kegagalan tersebut. Bisa saja anda tidak diterima karena kesalahan-kesalahan kecil di mana umumnya orang juga melakukan kesalahan yang serupa. Tes wawancara dalah salah satu rangkain untuk masuk dalam satu perusahaan, tes ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan Anda diterima atau tidak. Coba evaluasi kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan sebelumnya, apakah kesalahan-kesalahan tersebut termasuk dari salah satu di bawah ini:

1. Datang Terlambat
Bagaimana Anda mau diterima kalau misalnya baru tahap tes Anda sudah terlambat datang. Salah satu riset menunjukkan 91 % perekrut kerja menegaskan bahwa mereka yang datang terlambat pada saat interview akan langsung ditolak. Tidak hanya dicap sebagai orang yang tidak disiplin, Anda juga akan dinilai sebagai orang yang tidak menhargai pekerjaan yang Anda lamar. Ini adalah hal yang sangat penting Anda tidak boleh datang terlambat pada saat tes wawancara, sebab tidak ada toleransi terhadap alasan keterlambatan Anda. Oke, sekarang waktunya bagi Anda untuk menghindari kesalahan tersebut.

2. Menjawab dan Menjelaskan secara klise
Salah satu kesalahan yang umumnya orang lakukan pada saat tes wawancara adalah menjawab pertanyaan secara klise. Anda harus menghindari argumentasi seperti “Ini adalah pekerjaan impian saya” sebaiknya Anda menjelaskan seberapa besar Anda berguna untuk pekerjaan yang akan Anda lamar. Dengan menghindari keslahan umum seperti ini setidaknya anda membuat perbedaan pandangan. Hal tersebut akan mempengaruhi pihak perekrut.

3. Berpakaian tidak rapi
Dengan berpenampilan rapi anda akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab. Sekalipun misalnya kantor tempat Anda melamar nenberikan kelonggaran masalah busana yang akan Anda kenakan. Penampilan rapi adalah salah satu bentuk komunikasi non verbal yang menggambarkan bahwa Anda adalah orang dengan kepribadian yang menarik.


4. Meminta jatah cuti
Mmeninta jatah cuti pada saat anda pada saat wawancara bukanlah momen yang tepat. Ya, cuti memang hak setiap pekerja, tetapi membicarakan di awal wawancara bukanlah hal yang bijak. Pihak perusahaan tempat Anda melamar yang pertamakali mereka ingin dengar dalah seberapa besar Anda akan berkontribusi terhadap perusahaan mereka. Ingat bahwa cuti adalah kebijakan perusahaan Anda sebagai seorang pekerja punya kewajiban untuk beradapatsi dengan kebijakan perusahaan.

5. Terlalu santai
Santai tetapi serius ya itu ungkapan yang cocok untuk menghadapoi tes wawancara. Chemistry seperti ini memang menunjukkan bahwa Anda juga berbakat untuk menjadi seorang pemimpin. Tetapi jangan sampai Anda terlalu santai sehingga akan membuat cara menjawab Anda akan seenaknya, bias saja penilaian terhadap Anda akan berubah.
Semoga Anda lulus tes!

0 komentar:

Post a Comment