Tuesday 18 November 2014

Cara Alami Mengobati Asam Urat



Meskipun bukan merupakan penyakit yang berbahaya, tapi asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyiksa. Rasa nyeri yang pada sendi jari, siku dan lutut, terlebih di malam hari pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara alami mengobati asam urat. Dengan cara ini, maka Anda bisa terbebas dari gangguan kesehatan ini tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.
Berikut ini adalah cara alami mengobati asam urat:

·         Berat Badan yang Stabil

Nyeri asam urat terjadi karena berat badan yang berlebih. Namun Anda bisa mengatasinya dengan cara diet sehat dan berolahraga secara teratur. Kedua cara ini akan membantu Anda melarutkan dan membuang kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Sebagai awal, sebaiknya Anda melakukan olahraga dengan intensitas ringan, yang penting teratur.

·         Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah proses penumpukan asam urat yang berlebihan adalah mengkonsusmi air putih 8 hingga 10 gelas dalam sehari. Konsumsi air putir yang cukup akan membantu untuk membuat urine encer sehingga kandungan asam urat yang berlebihan bisa dikeluarkan.

·         Memilih Makanan yang Dikonsumsi

Anda tentu harus memilih-milih makanan yang akan dikonsumsi saat berdiet. Makanan tersebut akan membantu Anda untuk menjaga berat badan sekaligus mengobati asam urat. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah; buah-buahan; sayuran seperti buah mentimun, bit, kentang, daun selada, zucchini dan ketang serta produk susu yang rendah lemak.

·         Hindari Makanan yang Memicu

Pemicu asam urat adalah makanan yang mengandung purin. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin seperti ayam, kuning telur, daging sapi, kambing, jeroan, kepiting dan udang. Kalau Anda ingin mencukupi kebutuhan protein, Anda bisa mengkonsumsi putih telur, tuna, ikan salmon dan protein nabati.

·         Mengurangi Makanan Manis

Jenis makanan lain yang harus Anda hindari adalah makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan atau fruktosa dalam jumlah yang tinggi, contohnya adalah jus kemasan dan soda. Namun Anda masih bisa mengkonsumsi jus alami yang tidak mengandung gula tambahan.


0 komentar:

Post a Comment