Tuesday 11 November 2014

Cara Agar Anda Tetap Tenang Menghadapi Tekanan



 Stres merupakan gangguan kesehatan yang timbul karena rasa tekanan, baik tekanan karena pekerjaan maupun tekanan dari kehidupan pribadi Anda. Apapun itu tekanan bukan merupakan hal yang tidak bisa Anda hindari, artinya bagaimanapun Anda harus menghadapi tekanan dalam hidup Anda. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa kehidupan ibarat sebuah petualangan, artinya disatu sisi Anda bisa merasakan bahagia atau bersenang-senang tapi disisi lain ada kalanya Anda akan menghadapi tekanan dalam hidup Anda. Tapi untuk menghadapinya Anda pun harus memahami bahwa tekanan mental itu bukan hal yang mudah dan untuk itu Anda membutuhkan sikap tenang menghadapi tekanan.

Ketenangan Anda merupakan kunci sukses menghadapi tekanan, pasalnya harus Anda pahami bahwa perasaan tertekan itu sangat berpotensi menimbulkan stres. Dan seperti yang kita ketahui bahwa stres bukan merupakan masalah yang bisa Anda anggap remeh. Disini mungkin Anda bertanya mengapa sikap tenang sangat penting dikala menghadapi tekanan? Nah, ada banyak hal yang akan Anda hdapi dalam hidup Anda, dan itu semua bisa menimbulkan tekanan jika Anda tidak menghadapinya dengan tenang. Percayalan ketenangan Anda akan membuat Anda berpikir lebih jernih dan dengan sikap tenang akan membuat Anda lebih mudah keluar dari tekanan. Bagaimana caranya agar Anda bisa membentuk sikap tenang? Berikut ulasannya.
Belajar untuk Bersabar
Saat Anda tertekan maka sisi emosional dalam diri Anda akan mengambil alih. Sebaiknya jangan membiarkan hal tersebut terjadi, jangan membuat Anda emosional saat menghadapinya. Tapi belajarlah untuk bersabar, kesabaran Anda merupakan awal yang baik untuk membentuk sikap tenang. Saat Anda sabar maka ketenangan Anda akan membawa Anda lebih mudah menghadapinya, misalnya saat Anda dikejar deadline pekerjaan jangan terburu-buru menyelesaikannya. Tetap tenang, atur kembali jadwal Anda dan susun skala prioritas dalam pekerjaan Anda dengan begitu Anda lebih mudah menyelesaikannya.
Jangan Ragu Beri Apresiasi dan Optimis Menjalaninya
Salah satu sisi yang bisa membuat Anda merasa tertekan adalah saat Anda terlalu berusaha untuk meraih tujuan Anda. Tujuan hidup memang penting, namun harus Anda sadari bahwa jika Anda terlalu mendorong diri Anda saat itu Anda justru akan merasa tertekan dan saat tekanan muncul maka stres pun mengintai kehidupan Anda. Untuk mencapai tujuan Anda memang harus mendorong diri Anda tapi ingat saat Anda stres maka Anda justru menjebak Anda dalam kesulitan. Disini Anda butuh ketenangan, jika Anda ingin menggapai tujuan Anda jangan terburu-buru tetap tenang karena dalam fase ini ada banyak hal yang bisa Anda pelajari untuk menunjang pencapaian Anda. Jangan ragu untuk memberi apresiasi pada hasil yang saat ini sudah Anda raih karena hal tersebut akan memotivasi diri Anda. Tapi jangan lupa untuk terus optimis meraihnya bisa Anda bayangkan jika Anda justru tidak tenang alias terburu-buru untuk menggapainya?
Buatlah Rencana dan Nikmatilah
Salah satu penyebab tekanan adalah ketidaksiapan Anda saat menghadapinya. Nah, maka dari itu sangat baik agar Anda membuat perencanaan sebelum melakukan hal yang ingin Anda lakukan dan jangan lupa untuk menikmatinya. Saat Anda tenang maka saat itu Anda akan menikmati semua hal yang Anda lakukan disinilah Anda akan mendapat pelajaran penting dalam hidup Anda.

0 komentar:

Post a Comment