Friday 21 March 2014

Ini Alasan Kenapa Orang Sulit Berhenti Merokok!

Ini Alasan Kenapa Orang Sulit Berhenti Merokok!

Merdeka.com - Semua orang tahu bahwa yang namanya kebiasaan tentu tak mudah dihentikan atau diubah menjadi kebiasaan lainnya. Begitu juga dengan kebiasaan merokok. Meski mengetahui bahwa merokok buruk untuk kesehatan, namun masih banyak orang yang kesulitan berhenti merokok.

Ketika mereka sudah mencoba berhenti, dalam beberapa waktu ke depan, mereka akan tergoda kembali untuk mencoba rokok. Data menunjukkan bahwa hampir 80 persen perokok yang mencoba berhenti akan mencoba merokok lagi. Dengan kata lain, mereka gagal menahan diri untuk benar-benar berhenti merokok.


Lantas, apa yang menyebabkan orang sangat sulit berhenti merokok? Penelitian terbaru mengungkapkan alasannya. Peneliti menemukan bahwa nikotin yang terdapat dalam rokok secara perlahan mengubah cara kerja otak seseorang dan melemahkan kemampuan seseorang untuk mengontrol keinginan mereka merokok.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pemindaian otak terhadap 37 perokok berusia 19 sampai 61 tahun. Scan otak dilakukan dua kali yaitu setelah mereka merokok, dan setelah mereka dilarang merokok selama 24 jan dan merasakan adanya efek kecanduan nikotin, seperti dilansir oleh Healthy Living (14/03).

Peneliti menemukan bahwa gejala penarikan nikotin dari tubuh akan melemahkan koneksi otak yang membuat perokok tak bisa mengendalikan keinginan mereka untuk merokok. Hal ini lah yang membuat mereka semakin kesulitan untuk berhenti merokok, karena tak bisa mengendalikan keinginan mereka untuk menyentuh rokok kembali.

"Gejala penarikan diri dari nikotin berkaitan dengan perubahan pada otak perokok," ungkap peneliti Caryn Lerman dari Brain and Behavior Change Program di University of Pennsylvania.


Selanjutnya peneliti akan mengidentifikasi cara yang lebih efektif untuk membantu perokok berhenti. Mereka akan melakukan perawatan yang berbasis pada aktivitas otak dan konektivitas otak perokok

0 komentar:

Post a Comment