Friday 21 March 2014

Hati-Hati, Obesitas Rampas Vitamin D Di Dalam Tubuh!

Hati-Hati, Obesitas Rampas Vitamin D Di Dalam Tubuh!

Merdeka.com - Obesitas atau kelebihan berat badan lagi-lagi mampu memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh Anda. Sebab seperti dilansir dari bbc.co.uk, obesitas ternyata juga mampu mengambil cadangan vitamin D di dalam tubuh Anda.

Sebuah penelitian kesehatan yang diterbitkan di jurnal kesehatan PLOS Medicine ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan indeks masa tubuh (BMI) sebesar 10% maka mampu memicu penurunan vitamin d sebesar 4%.


Seperti diketahui tubuh Anda mampu menghasilkan vitamin D sendiri secara alami. Namun jaringan lemak mampu mencegah perkembangan dan peredaran vitamin D di dalam sirkulasi darah.

"Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan tulang dan gigi Anda. Kadar vitamin D yang sehat di dalam tubuh adalah 50 nanomole perliter. Namun lemak mampu merampas cadangan vitamin D menjadi 30 nanomole perliter. Tentu saja kekurangan vitamin ini mampu mengakibatkan pengeroposan tulang dan berbagai penyakit lainnya," jelas Dr Elina Hypponen dari University College London Institute of Child Health.

Obesitas saat ini menjadi sebuah epidemi kesehatan yang harus diwaspadai. Keberadaannya mampu mengancam kesehatan Anda. Kunci agar Anda mampu memerangi penyakit ini adalah pola hidup sehat dan seimbang.


0 komentar:

Post a Comment