Tuesday 31 December 2013

KUN FA YAKUUN

KUN FA YAKUUN
Cerpen Karya Meilly Andini


Silau,cahaya matahari menusuk mataku.Terbangunlah aku dari alam bawah sadarku.Hari pagi kusambut dengan senang hati.Saatnya untuk mempersiapkan diri,untuk pergi kesekolah hari ini.

Namaku adalah Melly.Umurku sekitar 14 tahun.Aku masih duduk di bangku kelas III SMP.Setiap hari,aku selalu pergi sekolah naik kendaraan umum yaitu Bus.Aku tak sendiri,biasanya aku ditemani sahabatku yaitu Ani.Aku berangkat dari rumah pukul 06.15 setelah itu aku ke rumah Ani untuk menunggunya dan setelah itu,baru kita pergi bersama untuk menunggu Bus jemputan dari sekolah.

Di kelas,aku mempunyai 2 sahabat lagi selain Ani yaitu Sintan dan Serli.Kami berempat yaitu 3F.3F adalah singkatan dari Familiar Friends Forever,itu adalah nama buatanku,hasil pemikiranku sendiri.Sebelum menjadi 3F,kami adalah 2pr terinspirasi dari 2pm Idol Group yang cukup Famous di Korea Selatan.Entah siapa yang membuat nama itu,katanya sih aku.Tapi aku nggak sadar kapan bikinnya.

Biasanya,aku dipanggil Memel oleh Ani,Medel oleh Serli dan Melly oleh Sintan,kalau Sintan sih tetep manggil nama asliku.Terus kalau Ani biasa kupanggil JatTer,Serli kupanggil Seder dan Sintan kupanggil TanTan.

Hari-hari selama di sekolah,selalu kulewati bersama 3F.Saat istirahat,belajar,saat akan menghadapi ulangan,selalu kulewati bersama 3F.Saat suka maupun duka slalu kulewati bersama mereka.3F bagiku adalah segalanya,bagiku adalah TPCH atau Tempat Pembuangan Curahan Hati.Biasanya sih,tempat nongkrong kita di taman sekolah.

Namun,ada 1 sahabat yang paling dekat denganku yaitu Ani.Kami slalu bersama,terkadang pemikiran kita juga sama.Kami bisa 1 hati,kami juga nggak tahu apa sebabnya.Contohnya,saat kami berbicara kami tidak sengaja mengucapkan kata-kata yang sama.Hal itu bukan cuma hanya 1 kali,namun sudah sering kami alami.

Aku memang sangat tertutup jika soal cinta,tapi jika tentang yang lain aku sih nggak tertutup-tertutup amat.Tapi jika Ani,ia slalu menceritakan ke aku tentang kisah cintanya.Baik yang tak berbalas,hanya pura-pura,menyukai diam-diam,dan lain-lain.Aku bak gudang kisah cintanya yang bisa diambil sewaktu-waktu.Tak hanya tentang cinta,ia pun menceritakan tentang perselisihannya dengan teman 1 kelas sewaktu kelas 6 SD.Aku jadi teringat masa-masa saat ia menceritakan tentang kisahnya.

Melly :”Dulu kamu pernah nangis Jat?”
Ani :”Ya iya lah,masa nggak.Apalagi dulu pas kelas 6,mbok aku dibenci sama 1 kelas.”
Melly :”Oh,yang katanya kamu mendem ya?”
Ani :”Aku nggak mendem,sumpah lah.”
Melly :”Nah trus,apa penyebabnya?”
Ani :”Nggak tahu.Kayane sih ya,dulu kan 1 kelas pada benci ke Elin,nah Elin minta maaf ke aku.Aku ya melas ya,ya udah tek maafin aja.Nah besoke koh 1 kelas pada benci ke aku.”
Melly :”Mite.Elin bukane trimakasih ke kamu malah nusuk dari belakangmu.”
Ani :”Genah iya koh.Mbok dulu pas lagi pada istirahat,aku sendirian di kelas trus mbok aku nangis di situ.”
Melly :”Kasian temen kamu.”
Ani :”Iya.Mbok gara-gara itu,aku maine sama anak laki-laki terus.Untung ada Doni,Igar sama Heru.Kalo nggak sih gimana aku.”
Melly :Oh.Pantes dulu kamu rada tomboy.Tapi untung sekarang udah nggak banget.”

Kami semua juga menyukai Idola dari negara yang sama,yaitu Seoul atau Korea Selatan.Negara yang benar-benar ingin kudatangi.Negara yang benar-benar kuimpikan.Kami semua menyukai Super Junior (슈퍼주니어) a.k.a SuJu a.k.a SJ.Karena kutahu mereka dari negara Korea Selatan,jadi saat pertama aku menyukainya aku langsung mulai mempelajari bahasa korea,dan kosakata yang pertama kali kutemui adalah Oppa(panggilan dari perempuan yang lebih muda ke kakak laki-laki yang lebih tua) yang berarti kakak Laki-Laki

Pada awalnya,hanya aku dan TanTan yang baru menyukai SuJu saat kelas I SMP.Namun lama-kelamaan Seder tertular dan ikut menyukai SuJu.Biasnya yang sekarang adalah Ye Sung Oppa.JatTer pun juga ikut tertular,ia sih sukanya sama Eun Hyuk oppa.Tapi ia lebih suka Justin Bieber ketimbang Eun Hyuk oppa sendiri.
Aku mulai menyukai SuJu saat melihat mereka perform lagu Mr.Simple di acara Music Bank yang ditayangkan di layar kaca Indosiar.Sebelumnya,SuJu juga sudah kusuka lewat Music Video (MV) Bonamana yang kulihat saat aku kelas 5 atau 6 SD.Nggak tahu juga sih,aku juga sudah lupa.Tapi waktu itu,aku baru suka lagu and dancenya doang.Kalau sekarang sih semua dari mereka Insya Allah selalu kusuka.

Salah satu dari mereka yang pertama kali mencuri pandangku adalah Eun Hyuk oppa a.k.a Lee Hyuk Jae oppa.Entah kenapa,saat pertama kali aku melihatnya perform Mr.Simple di acara Music Bank,aku langsung menyukainya.Mungkin karena gaya rambutnya kali ya,hehee.Aku paling suka saat dia ngedance,apalagi dibagian rapp Mr.Simple,dia keren banget tuh.Secara,ia kan Machine Dance and Lead Rapper.Namun tak bertahan lama,aku pun mulai berganti bias menjadi Lee Teuk oppa a.k.a Park Jung Soo oppa.Nggak tahu kenapa aku menyukainya,mungkin karena ia Leader yang bijaksana kali ya,hehee.Aku pun berpindah ke lain hati lagi yaitu ke Ryeowook oppa a.k.a Kim Ryeowook oppa.Aku suka dia karena suaranya keren banget.Kalo lagi pas nyanyiin lagu sedih,suaranya langsung nusuk ke hati.Jadi,yang ndengerin bisa ikut terhanyut suasana.Nah,kalo pas nyanyiin lagu yang nadanya tinggi,nggak ada falsnya sedikitpun.Ya iya lah,dia kan Main Vocal di SuJu.

Sekarang,biasku yang keempat sekaligus Insya Allah menjadi yang terakhir itu adalah Dong Hae oppa a.k.a Lee Dong Hae oppa.Aku menyukainya karena ia Tampan,Suaranya bagus,Dancenya keren,dan lain-lain.Aku juga hafal suaranya lho.Walau mungkin semua member SJ aku hafal suaranya,tapi nggak semua juga sih,mungkin ada 1 atau 2 yang nggak kuhafal suaranya.Namun,suara Dong Hae Oppa akan menjadi nomor 1 yang selalu kuhafal.

Sebenarnya,aku berharap supaya bisa bertemu dengan SuJu terutama Dong Hae Oppa.Tidak hanya itu,aku juga berharap untuk bisa menjadi kekasihnya Dong Hae Oppa.Namun,apa itu mungkin?Menonton setiap performnya yang diadakan di Indonesia saja,menurutku sudah tidak mungkin.Ya sudahlah,kupasrahkan saja pada yang Maha Kuasa.Aku yakin suatu saat nanti pasti akan terjadi.Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Setiap hari,aku selalu berdoa meminta agar aku dapat bertemu dengan mereka dan kalau bisa sekaligus untuk menjadi kekasihnya Dong Hae Oppa.Jika memang Dong Hae Oppa bukan jodohku,bertemu dengan mereka pun sudah lebih dari cukup bagiku.Semoga saja doaku terkabul.Amin.

O iya,karena kami menyukai Idol Group Korea Selatan,dulu kami sampai menirukan dance Idol Group F(x) lho! Yang judulnya Hot Summer,namun baru sampai reff pertama saja mereka sudah menyerah.Kalau aku sih penginnya sampai akhir,jadi kuputuskan untuk melanjutkan sendiri sampai akhir.Terus setelah itu,aku and JatTer memutuskan untuk ngedance lagu Oh! Milik SNSD a.k.a Girls Generation.Rencana awalnya sih mau buat nyumbang perpisahan.Tapi,baru ½ jalan saja ia sudah menyerah.Ku teruskan sendiri lagi deh,dancenya.

Tidak terasa,3 Minggu lagi aku akan menghadapi UN.Aku harus bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.Supaya bisa membanggakan ke dua orang tua dan biasku.Aku pun mulai belajar terus menerus,menekuni materi yang akan di UN kan.

3 Minggu pun berlalu,saatnya menghadapi UN.Tak terasa hari untuk mengerjakan soal-soal UN pun tlah terlewati,dan saat pengumuman kelulusan,aku lulus dengan nilai yang memuaskan.Aku sangat bersyukur,usahaku selama di SMP tlah terbayar lunas.

Aku memutuskan untuk melanjutkan SMA di Jakarta.Di sana,aku banyak menemui teman baru,namun aku takkan melupakan 3F sahabatku saat SMP.Walau jauh,kami tetap berkomunikasi.
Saat aku SMA,aku selalu mencari info tentang Universitas di Seoul agar aku dapat melanjutkan sekolah di sana.Namun,aku tak bisa berbahasa Korea.Tapi aku akan tetap berusaha dengan sekuat tenaga.

3 tahun berlalu.Hari ini aku akan berangkat ke Seoul.Kalau harus jujur,tujuanku ke sana adalah agar bisa bertemu SuJu dan sekaligus untuk mencari Perguruan Tinggi di sana.Memang,mungkin untuk bertemu dengan artis adalah hal yang tidak mudah.Namun aku akan berjuang untuk dapat bertemu dengannya.Meskipun aku harus menggunakan berbagai cara.Tapi aku yakin,jika Tuhan sudah berkehendak pasti semuanya akan terjadi.

Tak terasa,aku sudah sampai di Seoul.Aku pun mulai mencari kontrakan,atau Hotel,atau semacamnya.Yang penting dapat dijadikan tempat tinggal.Meski aku belum bisa berbahasa Korea,namun aku bisa memakai bahasa Inggris.Tapi,aku sudah tahu sedikit tentang bahasa Korea.

Hari pertama saat ku disana adalah beristirahat total,dan tetap mencari info keberadaan SuJu sekarang.Pas sekali,sekarang ia sedang di Seoul,dan besok akan perform di acara Music Bank.Saatnya untuk beraksi,agar aku bisa bertemu dengannya.
Hari ini aku akan menghadiri acara Music Bank.Semoga saja aku bisa bertemu dengannya.Ku awali saat ini dengan bacaan Basmalah.

Waah,keren banget yakin.Tak sia-sia aku menonton mereka.Kerennya minta ampun.Apalagi di tambah semarak Shappire Blue alias ELF yang terhampar luas seperti lautan.Mereka memang tampan-tampan semua,baik di foto,di video,di tv,di dunia nyata pun tampan,lebih tampan malah.Eh,tak sadar acaranya sudah selesai.”Sekarang mereka mau pulang tuh” kataku dalam hati.Langsung deh aku membuntuti mereka.Eh,malah ketahuan penjaga.Di usir deh aku dari situ.Huuh,nasib-nasib.Tapi aku akan tetap berusaha,besok kan masih ada waktu.Pasti aku bisa bertemu dengan mereka.
Selama jantungku masih berdetak,aku akan tetap berusaha dan berdoa agar dapat bertemu dengan mereka.1 kali di usir,2 kali di tolak,3 kali di lempar,belum ada apa-apanya dibandingkan semangat juang 45ku.Sekarang,aku akan kembali berusaha untuk dapat bertemu dengan mereka.
Kyaaa!!!! Tak kusangka usahaku yang 1 ini berhasil.Aku dapat bertatapan mata dengannya.Senang sekali rasanya.Tak ku sia-siakan momen ini,langsung ku minta tanda tangan mereka,foto bareng Dong Hae Oppa,eh! pas mau minta nomor ponselnya mereka,malah ketahuan penjaga.Aku hampir di usir lagi dari situ,tapi untungnya Dong Hae Oppa mencegah penjaga itu dan membawaku ke Dorm mereka agar ELF lain tak ada yang melihatku sedang bersama SuJu.Seneng banget rasanya! Ini seperti mimpi,tapi sudah kucubit dan kutampar pipiku,tak ada yang berubah.Ini memang bukan mimpi.Inilah endingnya,Allah menghendakinya,dan terjadilah,setelah sekian lama menunggunya.
Tak ada yang terganggu dengan kehadiranku.Mereka semua memang baik hati.

Dong Hae :”Can you speak Korean?”
Melly :”Little.I’m sorry.”
Dong Hae :”Oh.Nothing.”
Ryeo Wook:”Later can we teach.”
Melly :”Really?”
Sung Min :”Ne.Of course.”
Siwon :”What’s your name? Where do you come from?”
Melly :”My name is Melly Andini.I from Indonesia.Can you...”
Eun Hyuk :”Who?”
Melly :”Melly Andini.Can you make my Korean name?”
Dong Hae :”Of Course.What if the Park Jae In?”
Melly :”Should, I’m agree.”
Dong Hae :”Ok.Who is your Idol in our midst?”
Melly :”You.”
Dong Hae :”Really?”
Melly :”Really.”
Dong Hae :”Thank you.”
Melly :”You’re welcome.”
Siwon :”Do you have a place to stay?”
Melly :”Yes.I have.”
Siwon :”But now you can stay here,because many ELF around in our dorm.Do you know the consequences, right?”
Melly :”Yes.I do.But,are you not afraid if your manager angry?”
Siwon :”No.I’ll explain later.”
Ryeo Wook:”What purpose did you come to Seoul?”
Melly :”To meet with you Super Junior.And to seek university in here.Can you help me to seek university in here?”
Ryeo Wook:”Maybe yes”.
Melly :”Gamsahabnida all member Super Junior.”
SuJu :”Kwaen Chan Nah Yo.”

Tak kusangka,ini benar-benar terjadi.Memang benar,tak ada yang tak mungkin di dunia ini.Asalkan Allah berkehendak,pasti semua akan terjadi.Seperti kejadian yang kualami sekarang,yang kukira tak mungkin terjadi,kini malah terjadi.

Tak hanya 1 hari aku tinggal di Dorm mereka,namun sudah 5 hari dengan sekarang,dan kini aku bisa sepuasnya memandangi wajah Dong Hae Oppa.Sampai-sampai aku tak menyadari,Dong Hae Oppa sudah mengetahuinya sejak tadi.

Dong Hae :”Why do you always look at me? Is there something wrong with me,Jae In?”
Jae In :”Hmm,aniya.It’s just that you’re so handsome today.”
Dong Hae :”You too excessive, arat seo?”
Jae In :”Arat seo.Hmm,Are you busy now?”
Dong Hae :”Aniya.Wae?”
Jae In :”Can you teach me Korean language now?”
Dong Hae :”Ok.Start ne.I’m is naega,naneun,neo.You is naege,dangsin.Arat seo?”
Jae In :”Arat seo.”
Dong Hae :”If in Indonesian would be like what?”
Jae In :”I’m is “aku,saya”.You is “kamu,kau,anda”.Understand?”
Dong Hae :”Ne.By the way,why do you cover your hair with a fabric?”
Jae In :”Because my religion is Islam,the fabric is called jilbab,it’s to cover up my aurat.”
Dong Hae :”What is aurat?”
Jae In :”Aurat is something that should not be seen by the opposite sex as not mukhrim.”
Dong Hae :”What is mukhrim?”
Jae In :”If want to be a mukhrim,we must married.Like that,I’m can’t clarify with true.Sorry.”
Dong Hae :”Oh.No problem.”

1 tahun pun berlalu.Aku memutuskan untuk bersekolah di Seoul National University (SNU) yang dipilihkan oleh Dong Hae Oppa,dan kini bahasa koreaku pun sudah agak mendingan.Dong Hae Oppa juga sudah bisa berbahasa Indonesia.Dan tak kuduga,aku dan Oppadeul Super Junior pun semakin dekat apalagi aku dengan Dong Hae Oppa.Ini benar-benar seperti mimpi,namun ini bukan mimpi ini adalah kenyataan.

Kini aku rindu kebersamaan 3F yang tak ada lagi semenjak aku SMA.Aku juga tahu,mereka pun pasti ingin bertemu Oppadeul SuJu.Namun apa daya,takdir setiap orang memang tak sama.Ingin rasanya berbagi kebahagiaanku dengan mereka,namun tak bisa.Karena ini harus di rahasiakan dari para ELF lainnya.

Teringat kembali saat-saat dimana aku berusaha untuk bertemu Oppadeul SuJu.6 kali aku berusaha untuk bertemu mereka namun selalu di tolak,dan akhirnya usahaku yang ke 7 membuahkan hasil.Tiba-tiba,ada yang mengagetkanku dari belakang,buyarlah semua lamunanku.

Dong Hae :”Apa yang sedang kamu pikirkan?”
Jae In :”Ani.Aku tidak memikirkan apa-apa.”
Aku terkagetkan karena tiba-tiba Dong Hae Oppa berkata “Sarang Hae”.
Jae In :”Mwo?”
Dong Hae :”Sarang Hae Yo,I Love You,Aku cinta kamu.Can you be my girlfriend? Please!”
Jae In :”Mwo? Really?”
Dong Hae :”Tentu.Bagaimana? Are you want to be my girlfriend?”
Jae In :”Ne.”
Dong Hae :”Gomawo.”
Jae In :”Cheonma.But,bisakah kamu berpindah agama menjadi Islam?”
Dong Hae :”Maybe yes.Tapi,tolong ajari aku ne?”
Jae In :”Ne.”

Ini kado terindah yang pertama kali kudapatkan seumur hidupku.Karena,ia menyatakan perasaannya di saat aku berulang tahun.Tepatnya hari ini.
Tak sia-sia dari dulu aku selalu berdoa kepada Allah,dan usahaku tlah terbayar sekarang.Aku percaya,jika Allah tlah berkata Kun Fa Yakuun,maka akan terjadilah.

PROFIL PENULIS
Nama : Meilly Andini
Umur : 14 tahun
Hoby : Membaca novel
Fb : Melf Bit Grencean


http://www.lokerseni.web.id/2013/11/kun-fa-yakuun-cerpen-motivasi-cinta.html#ixzz2p3qH6FSG

0 komentar:

Post a Comment